Buku Basic Aircraft Technical Knowledge Pdf
Well, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang BATK. Apa itu BATK ? ok BATK itu adalah Basic Aircraft Technical knowledge atau dalam pengertian sederhananya adalah Training yang diperuntukan untuk para Engineer yang terjun di dunia airline.
Sedikit flashback kebetulan alhamdulillah saya dapat kesempatan untuk bekerja di salah satu perusahaan airline di Indonesia dimana sebelumnya saya bekerja di perusahaan peternakan ayam / perunggasan yang pernah saya share disini.
Ok langsung saja pada inti pembahasan ya chek it out … !!
Kenapa butuh BATK ? ya tentu saja selain untuk mengenalkan kepada kita bagaimana pesawat terbang dan juga sistem sistem didalamnya, BATK merupakan suatu mandatory training untuk para engineer yang ingin memiliki license terhadap jenis jenis pesawat tertentu kedepannya. BATK merupakan pintu utama bagi para Aircraft Engineer dalam memulai karirnya.
Program BATK yang pernah saya tempuh memiliki durasi 3 bulan dengan materi materi terkait seperti Aircraft, Regulation, Maintenance Management dan lain lainnya. Disini saya coba mengulas beberapa materi yang penting dan juga sebagai gambaran kepada teman teman disini yang mungkin akan dan sedang menjalani program pendidikan BATK ini. Oiya by the way kami memakai modul dari FAA Handbook volume 1.
Sebelum membahas lebih jauh tentang pesawat terbang, berikut adalah fase fase dari pesawat itu sendiri yang dimulai dari Parked sampai ke landing.
Pada gambar diatas kelihatan kan istilah istilah yang digunakan dalam pesawat terbang, jadi temen temen kalau naik pesawat atau pernah mendengar istilah tersebut sekarang udah tau kan.
Ok sekarang Pertanyaan mendasar tentang pesawat pada umumnya adalah bagaimana pesawat bisa terbang? dalam BATK kemarin diajarkanlah kepada kami yang terangkum dalam materi Aerodinamika yang menjelaskan bagaimana pesawat terbang. Lebih gampangnya bisa dilihat dalam ilustrasi dibawah ini dimana gambar berikut adalah suatu airfoil atau lebih gampangnya mungkin sayap pesawat yang dilihat dari samping gitu.
Nah udara yang melewati airfoil tersebut akan terpecah menjadi 2 yaitu melewati bagian atas airfoil yang disebut Upper Streamline dan bagian bawah airfoil yang disebut Lower Streamline. Dengan design airfoil yang seperti itu secara otomatis Upper streamline memiliki jarak tempuh yang lebih jauh dibandingkan dengan lower streamline dan dengan menggunakan hukum / prinsip Bernoulli otomatis nih karena lower streamline memiliki jarak yang lebih deket dia akan mengalirkan udara dengan lebih banyak dan cepat daripada upper streamline yang akhirnya membuat tekanan dibawah lebih tinggi dari tekanan diatas, dan itulah yang akhirnya mengakibatkan airfoil memiliki gaya angkat / lift yang mengakibatkan pesawat naik / terbang. Nah kalau masih bingung atau penjelasan saya terlalu susah dicerna kayak mie instan , temen temen bisa cek di tempat lain untuk penerapan teori ini secara detail.
Setelah berbicara tentang bagaimana pesawat terbang , timbul pertanyaan berikutnya yaitu bagaimana pesaat melakukan navigasi? Bagaimana bentuk struktur badan pesawat itu sehingga bisa leluasa bergerak diatas ? jawabnya ada di bawah ini
Nah dah jelas banget kan, pesawat memiliki Primary Flight Control yang merupakan kontrol utama dalam melakukan maneuver di pesawat yaitu Aileron, Rudder, dan Elevator. Dan untuk kontrol sekundernya ada seperti flaps, slat, horizontal stabilizer, vertical stabilizer dll. Dan untuk kegunaannya sudah tertulis jelas kan di referensi gambar diatas ? hehe.. . Kemudian untuk struktur sayapnya bisa dilihat sebagai berikut :
Dari gambar diatas temen temen pasti udah pada tahu lah ya , bahwa ratusan liter fuel yang dikonsumsi pesawat ternyata selama ini berada di sayap (left & right). Kok bisa ya ? apa pesawat ga oleng tuh ? apa sayapnya ga patah ? yah itulah kenapa struktur sayap ini dibuat sedemikian sehingga kuat dalam menahan fuel tersebut dan ada sistem fuel dari pesawat sendiri yang mengatur keseimbangan fuel dikanan dan kiri pesawat sehingga pesawat kana tetap imbang walaupun kehabisan fuel setiap menitnya.
Ngomongin fuel ga lengkap rasanya kalau tidak sekalian membahas tentang Engine pesawat ya.
Sebenarnya ada beberapa tipe Engine dalam pesawat , namun karena kebanyakan pesawat sekarang memakai jet maka gambar yang saya gunakan adalah engine jet juga. Flow gampangannya (*karena saya juga belum pandai pandai amat)yaitu kipas berputar sehingga aka nada udara yang masuk ke engine dan dibagi jadi 2 yaitu untuk low pressure dan high pressure dimana kemudian udara tersebut lanjut ke combustion chamber / ruang pembakaran yang disitulah digabung dengan fuel consumption dan kemudian setelah terbakar maka akan keluar ke exhaust dan menghasilkan tenaga dorong bagi pesawat / thrust. btw , sori ya pasti sangat kurang jelas, kalau mau lebih jelas mending cek toko sebelah ya temen temen. Hehehe..
Oiya fyi aja berikut perbandingan fuel consumption di tipe pesawat airbus dan boeing yang keduanya sama sama narrow body / pesawat kecil.
A320
Kapasitas maksimal: 7.835 US Gallons = 29.658,7 liter
Jarak tempuh : 3.050 Nautical Miles
Rata-rata kebutuhan per mil Gallons/Mile: 2,569 = 9.724,72 liter
B737-800
Kapasitas maksimal : 6.875 US Gallons = 26.024,71 liter
Jarak tempuh : 3.060 Nautical Miles
Kebutuhan mil Gallons/Mile: 2,246 = 8.502,03 liter
http://www.flightzona.com/2016/01/28/lebih-irit-mana-boeing-atau-airbus-ini-perbandingannya/
Kebayang gak sekali terbang pesawat menghabiskan berapa duit ? harga avtur per liter katakan di kisaran Rp 9000,- nah tuh kalikan aja sama max capacity dan bandingkan dengan max jarak tempuhnya. Belum lagi biaya lain seperti Ground handling dan biaya sewa bandara.
http://bisnis.liputan6.com/read/2691521/maskapai-habiskan-rp-27-juta-per-menit-buat-menunggu-mendarat
Nah, kebayang kan berapa banyak duit yang dikeluarkan oleh suatu airline untuk menerbangkan 1 jenis pesawat dari rute A ke B? bagaimana kalau pesawatnya ratusan ? Makanya temen temen juga jangan terlalu mempermasalahkan harga tiket yang mahal, itu semua demi keselamatan perjalanan penumpang juga kok. Banyak biaya safety yang dipertimbangkan selain biaya biaya yang sudah saya bahas tadi.
Nah berbicara tentang safety, peraturan tentang pesawat terbang dan dunia penerbangan sangat sangat ketat lo rek. Peraturan tentang penerbangan dan pesawat terbang di Indonesia sendiri diatur dalam CASR / Civil Aviation Safety Regulation yang diatur oleh DKPPU . CASR sendiri sebenarnya di adopt dari peraturan penerbangan dunia seperti FAA (peraturan penerbangan di US) , EASA (Peraturan penerbangan di Eropa) dll. Dan organisasi dunia yang mengatur dan mengawasi tentang penerbangan adalah ICAO (International Civil Aviation Organization) yang merupakan bagian dari PBB sehingga otomatis negaranya ya negara anggota PBB juga .
Selain semua pelajaran teori yang sudah kita dapat di BATK, kita juga kebetulan mendapat kesempatan untuk mencoba Flight Simulator sehingga seakan akan kita seperti pilot yang sedang menyetir pesawat tersebut. Sumpah seru banget hahaha…
Dalam flight simulator kita dipaksa untuk mengaplikasikan sistem sistem yang sudah dipelajari di teori sebelumnya sehingga kita bisa melakukan action perbaikan / preventif kedepannya terhadap apa saja yang dibutuhkan oleh pesawat tersebut sehingga aman untuk diterbangkan.
Well, mungkin itu semua belum mencakup seluruh materi BATK yang sudah saya dapat selama ini namun sebagai gambaran saja buat temen temen kalau ternyata dalam pelajaran BATK gak melulu tentang pesawat terbang, kita juga wajib belajar tentang maintenance managerial sehingga kita bisa lebih mengefisienkan fuel juga, kita wajib mengetahui tentang regulasi penerbangan sehingga kita tidak kena pinalti yang sangat merugikan, dan kita juga wajib terjun untuk merasakan sendiri tentang keadaan pesawat melalui flight simulator. Semoga apa yang saya share disini bisa semakin memotivasi temen temen yang ingin terjun di dunia aviasi dan bisa membantu temen temen dalam mengetahui apa apa saja yang dipelajari di duni aviasi.
OK good luck dan sampai berjumpa di lain kesempatan. Fighting !!
Buku Basic Aircraft Technical Knowledge Pdf
Source: https://wiraxel.wordpress.com/2017/10/21/basic-aircraft-technical-knowledge/